Pemkot Gelar Lomba Kelurahan

Pemkot Gelar Lomba Kelurahan

\"kerjaBENGKULU, BE - Pada 18 Maret 2013 mendatang, Pemerintah Kota Bengkulu akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu yang ke - 294. Untuk memeriahkan peringatan HUT Kota itu, Pemkot akan menggelar sejumlah kegiatan salah satunya lomba kelurahan dengan memperebutkan total hadiah mencapai Rp 150 juta.

Kriteria penilaian menyangkut beberapa hal, seperti kebersihan lingkungan kelurahan dan beberapa kriteria lainnya. Lomba ini bermaksud menciptakan lingkungan yang bersih, indah, bebas dari persampahan dalam rangkaian merebut piala adipura 2013. Selain itu, perlombaan ini juga bermaksud menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong-royang demi kepentingan bersama.

\"Ya selain menggelar paripurna istimewa, jambar nasi tumpeng, Pemda kota juga akan menggelar lomba kelurahan yang akan diikuti oleh 67 kelurahan yang  ada di Kota Bengkulu ini,\" kata Kabag Humas Pemkot, Suryawan Halusi SSos MSi.

Ia menjelaskan total hadiah Rp 150 juta itu akan diberikan kepada kelurahan terbersih dan terindah 1 sampai 3, dengan rincian juara 1 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 75 juta, juara 2 mendapatkan Rp 50 juta dan juara 3 mendapatkan hadiah sebesarRp 25 juta.

\"Hadiah ini tidak hanya diberikan kepada kelurahan terbersih dan terindah, tetapi bagi keleurahan terkotor atau terkumuh pun ikut mendapatkan hadiah. Tujuannya bukan sebagai bentuk pelecehan, melainkan sebagai motivasi agar kedepannya kebersihan dan penataan  lingkungan di keluraha itu dapatn ditingkatkan lagi,\" terangnya.

Bentuk hadiah yang diberikan kepada kelurahan terkotor pun berbeda dengan keluarahan terbersih, seperti akan diberikan hadiah berupa alat kebersihan atau hadiah dalam bantuk lainnya.

Lomba kelurahan ini sendiri akan dilanunching Selasa besok (26/2) oleh Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE. Selanjutnya pada awal Maret akan dilakukan penilaian  terhadap 37 kelurahan, selanjutnya dilakukan penilaian terhadap 30 kelurahan lainnya.  \"Tim penilai merupakan tim independent yang berasal dari kecamatan dan Pemda kota,\" ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepala keluarahan, ketua RT dan RW agar dapat menggerakkan warganya untuk menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungannya masing-masing.  Karena tim penilai akan melakukan penilaian secara diam-diam tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: